6 Tips Mengembangkan Bisnis Jahit Rumahan

     Usaha jahit mungkin bisa dibilang salah satu bisnis yang menguntungkan, kenapa? Karena pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang, bahkan saat ini sudah menjadi trendsetter bagi anak muda, pada intinya jika ingin membuka usaha jahit, anda harus mempunyai mesin jahit itu sendiri, selebih jika di hitung anda memerlukan modal kisaran 2 juta untuk usaha jahit rumahan.
Banyak sekali yang memulai bisnis jahit saat ini terutama di Bandung, yang terkenal dengan kota fashion, usaha ini berkembang dengan pesatnya di sana karena banyak permintaan produksi dari berbagai brand clothing yang sangat digemari anak-anak muda. Pada intinya usaha apapun anda harus kerja keras begitu juga jika membuka usaha menjahit ini, entah itu ketika memulai atau mengembangkannya. Lalu bagaimana cara mengembangkan usaha jahit ini? Berikut ada beberapa tips bagaimana cara mengembangkan bisnis jahit rumahan :

  1. Mengetahui perkembangan fashion

     Salah satu hal yang harus diketahui dalam memulai usaha menjahit ini adalah anda harus kreatif dan terus mengikuti perkembangan fashion yang ada, di Indonesia sendiri, perkembangan industri pakaian ini sangat maju dan selalu bermunculan model terbaru, jadi jika usaha menjahit anda ingin bertahan atau berkembang lebih pesat lagi mau tidak mau anda harus mengikuti trend yang beredar saat ini.
  1. Melebarkan relasi pertemanan

Ini salah satu faktor yang menjadi penentu keberlangsungan dan keberhasilan usaha jahit Anda. Jaringan pertemanan dan keluarga sangat dibutuhkan untuk promosi usaha. Gunakan waktu luang untuk bertemu dengan teman dan sanak saudara, kemudian promosikan usaha jahit yang sedang dijalankan. Akan lebih baik jika salah satu hasil karya jahitan Anda dibawa pada saat pertemuan.
  1. Memberikan kepuasan ke pada konsumen

     Jika anda mempunyai bisnis ini, kepuasan pada konsumen adalah prioritas utama, jangan hanya memikirkan keuntungan semata saja, jika anda hanya memikirkan keuntungan, ya pastinya pedapatan akan lebih banyak, tapi konsumen anda tidak akan kembali lagi. Beda hal jika konsumen anda puas dan senang, mereka akan datang lagi untuk memakai jasa anda dan tidak jarang mereka akan membayar lebih.
  1. Memiliki relasi dengan toko lain

     Jika menerima jahitan dalam partai besar atau sedang pastinya akan mendapatkan kelebihan pakaian dari bahan yang anda buat, hal ini mungkin sepele namun jika memiliki kenalan atau relasi toko pakaian, anda bisa menjual sisa pakaian tersebut ke sana, misalkan, anda mendapat order 3 lusin pakaian, dari bahan yang akan anda buat pakaian untuk konsumen ini pasti ada lebihnya, dan kelebihan bahan ini bisa anda jahit lagi untuk anda jual, juallah pakaian yang lebih itu dengan harga murah saja, itung – itung untuk menambah penghasilan.
  1. Memanfaatkan social media

     Internet adalah salah satu media promosi yang sangat menguntungkan saat ini, anda bisa membuat akun sosial media untuk jasa jahit anda, Cantumkan alamat yang jelas dan kontak person serta bukti berupa foto bahwa itu adalah hasil kerja anda.
  1. Terus bekerja keras

     Kunci utama kesuksesan dalam menjalankan sebuah usaha dan bisnis adalah jangan pernah putus asa dan terus bekerja keras. Kesabaran dan ketelatenan akan muncul bersamaan dengan kerja keras. Promosi usaha dilakukan juga dengan kerja keras. Dan pada akhirnya, kepuasan konsumen dan keberlangsungan usaha akan lahir dari kerja keras. Jangan pernah putus asa dalam menjalankan usaha jahit pakaian Anda, karena meski rezeki sudah ada yang mengatur, tetapi keberlangsungan rezeki tergantung masing-masing individu yang menjalankannya.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya,,
Salam Sukses


Previous
Next Post »