5 Tips sukses belajar menjahit Otodidak

5 tips sukses belajar menjahit otodidak
     Otodidak dapat diartikan sebagai belajar secara sendiri untuk akhirnya mampu menguasai keahlian tertentu. Meski terkesan individualistis dan menjauhi dari nilai sosial namun harus diakui metode belajar secara otodidak akan memberikan hasil yang sangat memuaskan walaupun tak semua orang akan mudah untuk menempuhnya. Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari kita banyak melakukan pembelajaran secara otodidak. Seperti ketika harus pergi ke sebuah tempat yang baru kita datangi maka kita akan coba untuk mengingat jalan yang kita lalui agar tidak tersesat ketika pulang nanti. Begitu juga dalam kegiatan adaptasi ketika kita mencoba untuk menyesuaikan diri dengan tempat dan suasana baru maka tanpa bimbingan siapapun kita mencoba untuk memahami tentang kondisi baru tersebut hingga kita bisa cocok dengan keadaan di sekitar kita. Belajar secara otodidak sangat bagus untuk mempelajari suatu keahlian yang spesifik. Tentunya setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda untuk bisa memahami suatu hal dan setiap orang memiliki minat dan bakat yang berbeda. Berangkat dari pemahaman tersebut maka bisa dipahami tentang pentingnya belajar secara otodidak. Sehingga terjadi kebebasan bagi diri kita untuk bisa mempelajari sesuatu yang memang menjadi minat kita karena sesuai dengan bakat yang dimiliki. Belajar secara otodidak menjadi sangat efektif karena berawal dari kesadaran kita untuk ingin bisa menguasai keahlian tertentu. Hingga kegiatan belajar bukan lagi suatu kewajiban tetapi sudah menjadi kebutuhan. Akan ada perasaan bebas dan kita belajar tanpa keterpaksaan karena dalam belajar secara otodidak kita sendiri yang menentukan hal apa saja yang mau kita pelajari dan kita kuasai. Kegiatan belajar secara otodidak menjadi sangat efektif dan bisa mengembangkan keterampilan yang kita miliki. Karena dalam belajar secara otodidak kita dituntut untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri.
Baiklah kita mulai pembahasan tentang :..../



5 Tips sukses belajar menjahit Otodidak


  1. Niat yanng serius, Karena kita akan belajar sendiri maka niat perlu dibesarkan dan perlu mantap, Niatkan diri untuk belajar menjahit. Setelah mantap silahkan dikomunikasikan niat belajar menjahit ini dengan orang terdekat seperti orang tua, suami, pacar, sahabat, pacar sahabat. Harapannya sih mereka mensupport dan mendukung niat kita ini. Maksudnya adalah memberikan bantuan entah mau dititipin kain, membantu jaga anak, atau memberikan semangka. Semangat Kaka! hehe. karena jika tidak ada niat untuk serius akan lebih cepat bosan dan akhirnya menyerah juga toh.
  2. Luangkan Waktu. So pasti lah untuk waktu kita bisa mengaturnya, karena untuk belajar menjahit tidaklah gampang kalau waktu kita sangat pendenk tapi yang harus kalian perhatikan adalah kedisiplinan waktu, misalkan kita ingin belajar menjahit seminggu sekali atau lima kali sehari tetapi lebih sering lebih baik. Dan jangan tergesa-gesa harus bisa, nantinya juga akan bisa, yangpenting perlahan tapi pasti.
  3. Kurikulum. Kalo saya sih lebih suka bikin kurikulum sendiri terlebih dahulu. Contohnya : minggu ini mau belajar jahit resleting jepang maka siapkan project yang butuh pemakaian resleting jepang, Beli resleting, setting mesin jahit dan juga browsing cara menjahit resleting jepang. Kalo sudah silahkan dinbundling dan kerjakan. Anggap saja semacam les jahit, 
  4. Happy. Untuk yang satu ini kita harus happy bawa enjoy aja jangan grogi, kalo bahasa sundanya geumpeur, hehe. kalo kita suka dengerin musik  siapkan juga radio yang muter lagu-lagu kekinian untuk menemani menjahit. Jadi ketika menjahit bisa sambil nyanyi-nyanyi senang. Semacam hiburan lah jadi biar belajar jahit. nya juga menyenangkan dan bikin ketagihan.
  5. Fokus. Di dunia persilatan craft banyak banget jurusannya.  Ada yang crochet, knitting, clay, jahit dsb. Permasalahan yang biasanya terjadi adalah sudah belajar jahit liat kawan belajar cabang lain langsung latah ikutan cari tutorial di pinterest dan berkata dalam hati "hei its easy".Faktanya adalah tidak semua tutorial di pinterest semudah fotonya. Mereka yg membuat tutorial kebanyakan sudah pro dan berpengalaman. Plus  kalo kita pindah cabang berarti kita perlu belanja (watik tebelin nih kata belanjanya) lagi, belajar lagi dari awal dan menghabiskan waktu.So saya sarankan fokus yah ;).



Demikian pembahasan tentang 5 tips belajar menjahit otodidak.
Yang punya tips tambahan boleh tulis komentar dibawah ini,  maupun bisikin lewat japri di email saya. saya tunggu saran dan kritikannya dipos komentar..


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
tejo
admin
18 July 2016 at 12:55 ×

makasih bos infonya dan salam sukses

Reply
avatar
14 August 2016 at 15:25 ×

ok sama-sama gan.
makasih juga sudah berkunjung. Salam Sukses

Reply
avatar