CARA MEMOTONG KAIN UNTUK KEMEJA PRIA

     Pada prinsipnya, hasil potongan kain harus rapi menurut pola pakaian yang telah dibuat, baik menggunakan karton manila, kertas koran maupun bahan lain. 
Caranya dengan melekatkan kertas pola tersebut diatas kain yang akan dipotong dan posisi pola tidak bergeser-geser tempatnya.  
 Yang harus diperhatikan dilakukan, antara lain:
  •  Melekatkan kertas pola pakaian diatas kain yang akan dipotong menggunakan jarum-jarum pentul di beberapa titik tertentu yang rawan bergeser ketika proses pengguntingan.
  • Melekatkan kertas pola pakaian diatas kain yang akan dipotong dengan menindih/ meletakkan benda kecil dan berat diatasnya, misalnya bahan dari besi atau logam lain.
  • Dan cara-cara lain untuk menjaga agar posisi kertas pola tidak bergeser ketika dilakukan proses pengguntingan kain.
Memotong kain bahan baju
1.    Lipat kain yang akan dipotong sehingga menjadi dua lembar tumpukan kain, dan letakkan di tempat yang rata.  Letakkan kertas pola dasar tersebut diatas kain pada posisi yang tepat, yaitu:
a)    Pola dasar belakang diletakkan tepat pada garis lipatan, sehingga setelah dipotong dan digelar akan menjadi pola baju bagian belakang yang utuh, yaitu sisi kiri dan sisi kanan.
b)    Pola dasar depan diletakkan di atas kain rangkap dua saling berhadapan, sehingga setelah dipotong akan diperoleh sepasang pola baju bagian depan, masing-masing untuk sisi kiri dan kanan. Hati-hati, jangan sampai kembar kiri semua atau kembar kanan semua.
c)    Ketika memotong kain harus diperhitungkan tempat untuk jahitan sekitar 1 cm diluar gambar pola (ukuran pola di kain yang telah dipotong lebih besar dibanding ukuran pola yang di kertas).
d)   Ketika memotong kain juga harus diperhitungkan cadangan tambahan lebar untuk lipatan tepi depan, yaitu tempat untuk memasang kancing baju.
2.    Cara melipat kain dan meletakkan kertas pola harus memperhatikan faktor penghematan, usahakan terjadinya kain sisa potongan bahan yang serendah mungkin.
3.    Dalam proses pemotongan kain perlu diupayakan jangan sampai terjadi pergeseran letak posisi kertas pola, tepatnya pola kertas harus dilekatkan diatas kain menggunakan cara yang telah diuraikan diatas.
4.    Lakukan proses pengguntingan kain dengan hati-hati dan seksama agar diperoleh pola dasar yang rapi dan benar.

Kembali baca ke : CARA MEMBUAT BAJU KEMEJA PRIA
CARA MENGAMBIL UKURAN BADAN UNTUK MEMBUAT KEMEJA PRIA
CARA MEMBUAT GAMBAR POLA KEMEJA PRIA









Previous
Next Post »