7 POIN BELAJAR MENJAHIT UNTUK PEMULA TANPA KURSUS

       Sebelumnya mohon maaf tentang artilel ini, mungkin kurang paham untuk anda yang membaca.
baiklah sekarang saya akan share 7 poin belajar menjahit untuk pemula tanpa kursus, menurut saya sih yang seorang tukang jahit yang belajar dari nol sampai bisa, tapi ga  pinter-pinter amat sih.     hehe :)

  1. Pastikan sudah mengenal mesin jahit, entah itu mesin jahit kecil ataupun besar, baik punya teman, orang lain, saudara, ataupun punya sendiri tapi belum tau mengoperasikanya. atau punya tukang permak yang suka berlalu lalang menjajakan jasanya.
  2. Perhatikan mesin jahit itu, maksudnya cara kerjanya, alur benangnya, bagaimana masang benangnya, terus apa saja alat yang di perlukan sebagai pendukung, seperti skoci, sepulan benang, gunting, dan lain lainnya.
  3. Sebelum mengoprasikan mesin listrik alangkah baiknya untuk sementara kamu memakai mesin jahit kecil dulu (mesin klasik), belajar menterampilkan kaki mengayunkan pijakan mesin, memaju mundurkan pijakan. lepaskan jarum dan sepatu mesin, dan benang yng ada di sepulannya. lakukan berlahan tapi pasti dengan terus menerus dan sampai ada kemajuan, anggaplah pijakan itu pijakan gas mobil.
  4. Apabila sudah merasa terampil dengan pijakan mesinnya otomatis sudah bisa mengendalikan mesin. Pasanglah benang sesuai alur, jarum dan sepatu (alat penekan atau penjepit kain yang miripsepatu), ambil beberapa kain kecil mulailah mencoba untuk menjahit, cobalah dengan kepastian dan keyakinan pasti bisa, perhatikan langkah jahitan halus atau tidak untuk mengetahuinya samakan langkah jahitan tadi dengan jahitan baju yang sedang dipakai.
  5. Latihlah keterampilan dan kecepatan serta ketepatan tangan mengendalikan kain yang di jahit. mulailah dengan jahitan lurus, maju mundur, ulangi terus menerus sampai benar benar terampil.
  6. Untuk membuat baju, bingung tentang pola, ambil satu pakaian yang sudah tidak terpakai, sesuai keinginan, boleh kemeja, rok, kaos, celana dan sebagainya. kemudian bongkar jahitannya, pastikan sudah terbongkar perhatikan pola dan potongan, perhatikan pula perbedaan antara untuk depan dan belakang.
  7. Mulailah untuk memindahkan pola ke kertas pola boleh koran, kertas semen, hvs, atau bisa juga dengan kertas koran. Yang penting hemat, dengan menjiplak pakaian tersebut atau langsung ke bahan kain yang mau di jahit, perhatikan serat kain, untuk luar dalamnya, usahakan memulainya dari ujung kain, hindari memakan kain dengan percuma atau terbuang banyak.


       Itulah ke 7 poin belajar menjahit untuk pemula tanpa kursus,
Pada umumnya bagi yang ingin bekerja di perusahaan garmen yang di perlukan termpil, tepat, dan kecepatan karena sudah ada bagian masing masing, untuk yang ingin keterampilan dan kesibukan dirumah boleh juga mencoba tips ini.
Semoga anda bisa mempraktekannya, tapi saya yakin pasti bisa asalkan ada ke seriusan dan ke sungguh-sungguhan......







Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
simon
admin
18 July 2016 at 13:01 ×

makasih bos infonya dan salam sukses

Congrats bro simon you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar