Cara Membuat Baju Sendiri

6 Poin Penting Cara Membuat Baju Sendiri:
 
     Jika Anda memiliki peralatan dan perlengkapan untuk membuat baju seperti mesin jahit, tidak salahnya untuk belajar membuat baju sendiri. Jika peralatan semua sudah lengkap Anda hanya tinggal membeli bahan kain saja yang nantinya untuk dijadikan baju sesuai keinginan Anda. Selain mempunyai peralatan untuk membuat baju, Anda juga setidaknya menguasai teknik menjahit baju terlebih dahulu. Jika belum bisa menjahit, disarankan agar untuk mengikuti kursus menjahit terlebih dahulu.
Dibawah ini ada beberapa langkah dalam membuat baju, diantaranya:

  1. Sebelum membuat baju, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan dalam membuat baju. Seperti kain, Anda bisa menggunakan jenis kain sesuai selera Anda. Namun, disarankan dalam belajar membuat baju ini belilah kain yang harganya murah saja. Untuk ukuran kain sesuaikan dengan ukuran tubuh Anda, jadi sambil membeli sambil mengukur agar mendapatkan ukuran yang pas.
  2. Agar bau khas kain hilang culilah terlebih lelu keringkan, setelah itu setrika agar nyaman ketika dijahit.
  3. Nah ini bagian yang sangat penting dalam membuat baju, sebelum membuat baju pola baju harus dibuat terlebih dahulu. Untuk pola nanti akan dibahas lebih detail dibawah.
  4. Setelah membuat pola yang telah sesuai, tahap selanjutnya adalah pemotongan kain. Agar proses pemotongan rapi caranya yaitu hamparkan terlebih dahulu di tempat yang rata, pemotongan kain harus mengikuti pola yang telah dibuat. Hal ini agar pemotongan kain rapi dan ketika baju selesai dibuat tidak ada kendala seperti kurang bahan atau kelebihan.
  5. Tahap selanjutnya adalah proses menjahit, dalam menjahit ikuti garis jahitan sesuai pola yang telah dibuat. Yang pertama dijahit terlebih dahulu biasanya bagian sisi badan, tapi disarankan sesuai pola yang dibuat. Dalam proses menjahit ada dua jarum yang digunakan yaitu jarum jigjag dan jarum rata, kegunaan jarum jigjag untuk menyambungkan bagian depan dan belakang, untuk jarum rata digunakan untuk mengunci jahitan agar jahitan kelihatan lebih rata.
  6. Selesaikan proses menjahit Anda sesuai pola yang telah dibuat. Jika proses menjahit selesai cobalah untuk mencoba terlebih dahulu apakah baju yang dibuat sudah pas atau malah ada yang kurang.
     Harus diketahui bahwa dalam membuat baju, pola baju / rancangan desain baju harus dibuat dengan sekreatif mungkin dengan model yang sesuai seleran kita.
 Membuat Pola Baju

     sebelum proses pembuatan baju, sebaiknya Anda melakukan pembuatan pola terlebih dahulu. Membuat pola baju juga bisa dilakukan dengan mengukur badan terlebih dahulu, atau juga bisa mengikuti ukuran atau model baju yang sudah jadi.

baca juga: CARA MENGGAMBAR POLA DASAR PAKAIAN PRIA DEWASA



Dalam membuat pola baju, buatlah terlebih dahulu pola dasarnya yaitu pola badan bagian atas, pola badan bagian bawah, dan juga pola lengan. Untuk pola badan bagian atas mulai dari bahu hingga pinggang, untuk pola badan bagian bawah mulai dari pinggang hingga lutut ini disebut juga pola dasar bawahan baju wanita atau rok. Yang terakhir bagian lengan, mulai dari bahu terendah hingga bagian siku atau bisa sampai pergelangan jika untuk membuat baju lengan panjang.

Setelah membuat pola dasar lakukan pengukuran badan, nah ini yang paling penting. Berikut bagian tubuh yang harus diukur:

  • Panjang kedua bahu
  • Panjang sebelah bahu
  • Panjang baju (dari bahu sampai pinggang)
  • Panjang baju (dari ketiak sampai pinggang)
  • Panjang tangan
  • Lingkar tangan
  • Lingkar dada
  • Lebar dada
Setelah semuanya di ukur, maka akan langsung secara otomatis untuk lingkar leher dan lingkar ketiaknya terukur.
Langkah selanjutnya adalah pembuatan pola, setelah semua diukur langsung masukan ukuran kedalam pola yang dirancang. Untuk membuat pola belakang cukup dengan menjiplak pola depan, cuma harus dibenahi lagi. Peralatan untuk membuat pola Anda tinggal siapkan saja meteran untuk mengukur, kertas karton atau hvs pakai koran juga bisa, pensil serta penghapus.

 
Previous
Next Post »