Cara Membuat Tas Pesta dari Kain Flanel


Selain sebagai bahan kerajinan, kain flanel juga sering digunakan dalam industri otomotif untuk meredam getaran pada panel interior. Selain itu, kain flanel juga biasa digunakan untuk melapisi meja bilyar serta piano dan simbal drum untuk menghasilkan suara yang jernih. Tak hanya itu saja, kain flanel kini bisa dimanfaatkan pula sebagai bahan untuk topi. Ya, kain flanel memang memiliki beragam fungsi sehingga bisa dikreasikan menjadi bahan-bahan kerajinan yang unik dan pastinya fungsional. Apalagi kain ini memiliki warna-warna yang cerah dan tajam sehingga semakin melengkapi daya tariknya. Saat ini ada beragam jenis kain flanel. Ada yang orisinil, yakni terbuat dari serat wol asli dan ada pula yang sintetis.

Nah, setelah kita mengetahui seluk beluk kain flanel beserta cara perawatannya, selanjutnya kita akan belajar membuat kerajinan tangan dengan bahan tersebut. Kali ini kita akan belajar membuat tas pesta dengan bahan dasar kain flanel. Bila kita sering menghadiri undangan pesta, entah itu pesta pernikahan, ulang tahun, tasyakuran, dan sejenisnya, tak ada salahnya mencoba kreasi tas pesta dari kain flanel. Hitung-hitung lebih hemat dan pastinya tas kita akan terlihat unik sebab handmade. Bagaimana kalau terlihat murahan? Tunggu dulu, jangan buru-buru pesimis. Dengan kreativitas tanpa batas, kita bisa menyulap yang biasa menjadi luar biasa. Mau bukti? Yuk, ikuti terus uraian selanjutnya. Sekarang saatnya kita belajar membuat tas pesta dari kain flanel. Apa saja yang perlu kita siapkan? Simak penjelasan berikut ini.



Bahan:
Kain flanel warna merah
Benang rajut warna oranye
Pita
Kain kapas
Karton
Kancing tas
Rantai untuk pegangan tas
Manik-manik (sebagai aksesoris)
Alat:
Jarum
Gunting
Penggaris
Cara membuat:
1.    Buat pola tas menyerupai trapesium. Potong kain flanel, karton, dan kain kapas sesuai pola tersebut.
2.    Tumpuk ketiga bahan tersebut dengan urutan kain flanel pada bagian luar, lalu karton, dan yang bagian dalam adalah kain kapas. Lakukan untuk semua pola yang telah dibuat.
3.    Bagian pinggirannya sulam menggunakan benang rajut dengan tusuk feston.
4.    Setelah semua pola diberi pinggiran dengan sulam benang, saatnya kita menyatukan seluruh pola tadi. Satukan pola menggunakan benang rajut dengan tusuk feston.
5.    Setelah tas jadi, sekarang kita beri pelengkap. Pasang rantai sebagai pegangan tas. Lalu kancing tas dan permanis dengan aksesoris. Untuk aksesoris kita bisa memadukan sulam benang bermotif bunga dipadukan dengan manik-manik atau payet.
6.    Tas pesta nan cantik siap kita bawa ke pesta.



Selain tas pesta dengan pegangan rantai, kita juga bisa membuat tas pesta model lainnya, yakni model tas jinjing. Model ini lebih sederhana namun tetap unik. Bagaimana cara membuatnya? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan:
Kain flanel warna pink, merah, oranye.
Benang rajut warna pink.
Karton.
Kain kapas.
Kancing tas.
Alat:
Gunting
Jarum
Penggaris
Cara membuat:
1.    Buat pola tas berbentuk persegi lalu potong kain flanel berwarna merah, karton, dan kain kapas mengikuti pola tersebut. Susun dengan urutan kain flanel bagian luar, lalu karton, dan kain kapas pada bagian dalam.
2.    Buat pola untuk pegangan tas seperti langkah pada nomor satu. Lipat sedikit bagian tepinya ke dalam lalu jahit menggunakan benang rajut dengan tusuk feston.
3.    Untuk membuat hiasan tas bagian muka, siapkan kain flanel warna oranye dan pink. Potong menyerupai bentuk hati dan bunga. Lipat sedikit bagian tepinya ke dalam lalu jahit menggunakan benang rajut dengan tusuk feston pada kain flanel untuk pola tas bagian depan.
4.    Satukan semua semua potongan pola, lipat sedikit bagian ujung-ujungnya ke dalam. Lalu jahit menggunakan benang rajut dengan tusuk feston.
5.    Tas pesta sudah siap digunakan.



Teknik Tusuk Feston

Untuk membuat tas pesta dengan kain flanel, maka kita perlu menguasai teknik tusuk feston. Bagi yang sudah menguasai tentu tidak ada masalah. Nah, bila di antara kita belum memahami teknik ini, kita coba belajar teknik tusuk feston yang paling sederhana. Caranya sebagai berikut.

1.    Masukkan benang rajut ke dalam lubang jarum lalu simpulkan salah satu ujungnya.
2.    Tusukkan jarum pada kain flanel dari arah bawah ke atas. Pastikan kita menusukkan jarum dari arah depan kain flanel.
3.    Buat tusukan baru di sebelah kiri dan berjajar dengan tusukan awal tadi, pastikan posisi jarum berada di atas benang rajut. Begitu seterusnya.

Jika kita sudah menguasai teknik dasar tusuk feston, sekarang kita siap belajar membuat tas pesta dari kain flanel. Bagaimana, tertarik mencobanya? silahkan mencoba, smoga berhasil dan lancar...









Previous
Next Post »